Batik Day

Di hari kamis, mungkin seluruh sekolah di Indonesia mewajibkan siswanya untuk memakai seragam batik (kecuali yang fasilitasnya kurang memadai). Begitu pun dengan sekolah gua. Dan itu berarti ada sekian ribu motif batik berbeda yang dipakai oleh seluruh siswa di Indonesia. Dari mulai SD, SMP sampai SMA, atau lebih tinggi lagi. Mungkin pegawai negeri.

Karena perbedaan motif batik itu, ada beberapa siswa brengsek yang menginginkan batik dari SMA lain, dan itu biasanya SMA favorit atau bisa saja itu adalah rival dari SMAnya. Gilanya yang mereka minta itu, benar-benar baju batiknya bukan motifnya ataupun robekan kainnya.

Itu pernah gua rasakan, saat gua sedang meet up dengan si Firman dan Aldo. Si Firman yang sekarang di SMKN 1 dan si Aldo di SMAN 5. Gua lagi ngobrol dengan mereka di taman Heulang saat itu. Sampai datanglah seorang anak SMA yang memakai jaket jeans, mengenakan topi hitam, juga sebatang rokok yang tersundut di tangan kanannya. Tidak lupa pakai celana juga dia.

“lu anak mana bang?” tanya tuh orang ke si Firman dengan lagak songong.

“anak SMK 1 bang” jawab Firman dengan sopan.

“kalau lu anak mana?” tanya tuh orang ke gua.

“kalau gua anak 9 bang” bukan anak ke 9 maksudnya.

“lu?” tanya tuh orang ke si Aldo.

“Sma 5” kata si Aldo.

“oooh” sambil ngisep rokoknya dulu.

“batiknya bagus tuh” sambung tuh orang.

Disaat tuh orang ngomong kaya gitu gua udah tau arah pembicarannya. Tuh orang pasti mau minta batik gua. Tapi, tuh orang lebih tertarik ke batik si Aldo yang SMAN 5, sedikit tertarik ke batik gua dan ga tertarik ke batik si Firman.

“boleh tuh di lepas” kata tuh orang minta-minta

“lah ngapain bang, nggak-nggak ah” kata gua

“anjrit buka ga luh”  kata tuh orang

“lah jangan ke gua bang mintanya, ke yang lain aja. Gua mah ga tau apa-apa” kata gua.

“lu tau ga temen gua juga di ambil batiknya, ga tau apa-apa dia” kata tuh orang ngebela.

“buka ga luh anjing, gua gebotin lu disini” tuh orang ngancem si Aldo.

“ngga ah, nggak ikut-ikutan gua mah” jawab si Aldo.

“iya sama temen gua ge di ambil ga tau apa-apa dia sama anak smanli” kata tuh orang.

“nggak ah bang” kata si Aldo.

Gua, Aldo dan Firman pun pergi dari tempat itu.

Mungkin kalau di film kan adegan itu bisa masuk nominasi Oscar sebagai scene paling menegangkan kali, kalau ada itu juga. Tapi karena gua ga jago mendramatisir suatu masalah. Jadilah sesimpel itu ceritanya. But, trust me. Itu sangat menegangkan.

Yang gua heran, kenapa tuh orang bisa ngelakuin itu ya? Siapa yang mulai duluan sebenarnya sih? Malak-malak batik gitu. Tuh orang bilang kalau temen dia juga sama diambil batiknya sama SMA lain, terus anak sma lain juga gitu bilangnya dan terus aja sampai tidak terlihat lagi belek di mata gua.

Siapa yang pertama mulai sih? Gua tau dengan mengambil batik dari anak SMA favorit kalian bisa hitz. Gua tau, biar kalian bisa di bilang “gaul” kan. Tapi, kenapa harus baju batik sih? Kenapa ga sobekan bajunya aja gitu. Atau daki gua gitu. Kan lebih berkesan jadinya.

Gua ga habis pikir dengan kelakuan anak-anak “gaul” kaya gitu. Semoga tuh orang diberi hidayah. Dan semoga muka dan sikap tuh orang berubah. Biar ga kaya pecandu narkoba lagi.

Salam pelajar.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semen Basah

OSPEK dimaknai...

Sosial Media yang Kurang Mensosialisasi.